Pertanyaan Dasar Fisika dan Pengukuran

www.hajarfisika.com
Pertanyaan Dasar Fisika dan Pengukuran

pertanyaan dasar fisika dan pengukuran

Pertanyaan :
1. Tipe-tipe fenomena alam apa saja yang dapat disajikan sebagai standar waktu ?
2. Seandainya ada tiga standar dasar dari sistem metrik dimana panjang, massa jenis, dan waktu lebih baik daripada panjang, massa, dan waktu. Standar massa jenis dalam sistem ini adalah air. Pertimbangan apa saja tentang air yang akan kamu butuhkan untuk meyakinkan bahwa standar massa jenis ini sangatlah akurat ?
3. Tinggi dari seekor kuda terkadang diberikan dalam satuan tangan. Kenapa satuan ini sangat buruk untuk standar panjang ?
4. Seandainya 2 besaran A dan B memiliki dimensi yang berbeda. Tentukan operasi aritmatika berikut ini yang dapat mempunyai makna fisis :
(a) A + B
(b) A/B
(c) B - A
(d) AB
5. Jika sebuah persamaan secara dimensi benar, apakah artinya bahwa persamaan itu benar ?
Jika sebuah persamaan secara dimensi tidak benar, apakah artinya bahwa persamaan itu tidak benar ?
6. Dalam sebuah toko mesin terdapat 2 kamera yang diproduksi, 1 terbuat dari aluminium dan 1 lagi terbuat dari besi. Kedua kamera memiliki massa yang sama. Kamera mana yang memiliki ukuran lebih besar ?
(a) Kamera aluminium
(b) Kamera besi
(c) Kedua kamera mempunyai ukuran yang sama
7. Benar atau salah : Analisis dimensional dapat memberikan anda nilai numerik dari konstanta kesebandingan yang muncul dalam sebuah ekspresi aljabar ?


Jawaban : 
1. Jam atom, berdasarkan gelombang elektromagnetik yang dipancarkan atom
Pulsars, merupakan jam atomik yang sangat teratur
2. Massa jenis bervariasi dengan suhu dan tekanan. Akan sangat penting untuk mengukur kedua massa dan volume sangat akurat, dalam hal menggunakan massa jenis dari air sebagai standar
3. Karena setiap orang mempunyai ukuran tangan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, mendefinisikan satuan secara presisi akan sangat sulit
4. (b) dan (d). Kita tidak dapat menambah atau mengurangkan besaran yang dimensinya berbeda
5. Sebuah persamaan yang secara dimensi benar tidak pasti benar, contohnya adalah 1 simpanse = 2 simpanse adalah benar secara dimensi tapi tidak secara persamaan
Sebuah persamaan yang secara dimensi tidak benar tentu persamannya tidak benar
6. (a) Kamera Aluminium. Karena massa jenis aluminium lebih kecil daripada besi, melalui hubungan ρ = m/V, maka untuk mengimbangi massa yang sama antara aluminium dan besi, dibutuhkan volume atau ukuran aluminium yang besar.
7. Salah. Analisis dimensional memang memberikan satuan konstanta kesebandingan tetapi tidak menyediakan informasi tentang nilai numeriknya. Untuk menentukan nilai numeriknya dibutuhkan data eksperimental atau pertimbangan geometri. Sebagai contoh, dalam persamaan umum x = 1/2.a.t2, karena faktor 1/2 adalah tidak berdimensi maka tidak terdapat cara untuk menentukan nilai numeriknya (1/2) menggunakan analisis dimensi



0 Response to "Pertanyaan Dasar Fisika dan Pengukuran"

Post a Comment