Soal dan Pembahasan Fisika (Part 2)

www.hajarfisika.com
Soal dan Pembahasan Fisika (Part 2)



Soal No.1
Sebuah besi memiliki massa 3 kg bergerak dengan percepatan konstan 4 m/s2. Hitunglah gaya yang menggerakkan benda tersebut!

Pembahasan
hukum newton


Soal No.2
Seorang anak laki-laki berdiri di atas papan yang dapat berputar bebas. Saat kedua lengannya terentang, kecepatan sudutnya 0,30 putaran/detik. Tetapi saat kedua lengan tertekuk kecepatannya menjadi 0,50 putaran/detik, tentukan perbandingan momen inersia anak waktu kedua tangan terentang dengan sesudah menekuk!​

Pembahasan


Soal No.3
Seorang anak dengan kedua lengan berada dalam pangkuan sedang berputar pada suatu kursi putar dengan 4 putaran/s. Ketika ia merentangkan kedua lengannya, ia diperlambat sampai 1,6 putaran/s. Tentukan perbandingan momen inersia anak ketika kedua tangan dalam pangkuan dan terentang ?

Pembahasan
momen inersia


Soal No.4
Sebuah titik terletak x cm dari muatan 32 μc dan mengalami kuat medan listrik sebesar 18 N/C, berapa jarak antara kedua muatan ?

Pembahasan
persamaan coulomb


Soal No.5
Sebuah mobil mula-mula bergerak 100 m/s selama 10 detik dan berubah kecepatannya menjadi 1500 m/s. Hitung berapa percepatan mobil tersebut ...​

Pembahasan
gerak lurus berubah beraturan


Soal No.6
Benda berpindah sejauh 9 meter dan usaha yang dilakukan pada benda adalah 81 Joule, berapakah gaya yang diberikan ?

Pembahasan
usaha


Soal No.7
Dua muatan listrik yang sejenis didekatkan hingga bergerak sejauh 3 cm, dua muatan tersebut masing-masing 8 x 10-5 dan 4 x 10-7 C, jika k = 9 x 109 N m2/C2. Hitung gaya yang terjadi ?

Pembahasan


Soal No.8
Jika dua buah muatan 2 µC didekatkan dengan muatan 3 µC. Jika jarak kedua muatan 2 m, (k = 9 x 109 Nm2/C2). Hitunglah gaya coulomb tersebut!

Pembahasan
hukum coulomb


Soal No.9
Berapa potensial listrik di titik A yang berada di dalam medan listrik bermuatan Q = +5 coulomb pada jarak 3 cm di udara?

Pembahasan
beda potensial


Soal No.10
Dua buah gaya masing masing 50 N dan 70 N, bekerja pada suatu benda dengan arah gaya yang sama. Menurut teori penjumlahan gaya, berapa resultan gaya yang bekerja pada benda tersebut? ​

Pembahasan



0 Response to "Soal dan Pembahasan Fisika (Part 2)"

Post a comment